Pada era Revolusi Industri 4.0 ini, teknologi menjadi sahabat yang erat kaitannya dengan kehidupan kita. Maka dari itu, peserta didik diharapkan dapat memanfaatkan teknologi yang ada sehingga dapat meningkatkan kompetensinya.
Namun, tidak sejalan dengan kemajuan teknologi, minat peserta didik pada kegiatan literasi justru semakin menurun. Hal ini dapat dilihat ketika mereka diberikan suatu tugas, mereka lebih tertarik untuk 'googling' jawaban tanpa berusaha mencari di buku terlebih dahulu. Memang tidak ada yang salah dengan mencari jawaban dengan googling, tapi proses pencarian informasi dan proses berpikirnya menjadi tidak optimal karena terbiasa dengan hal instan.
Maka dari itu, sebagai upaya untuk meningkatkan minat literasi peserta didik di SMPN 2 Purwakarta, pengawas sekolah SMPN 2 Purwakarta yaitu Ibu Iis Kartis, menyarankan untuk memfasilitasi kecintaan mereka terhadap teknologi dan juga literasi. Salah satu upayanya yaitu mengajarkan anak membuat komik digital menggunakan aplikasi Canva.
Aplikasi Canva adalah aplikasi untuk membuat desain grafis media sosial, presentasi, video, komik, dan konten visual lainnya. Anak-anak kelas 7 sangat antusias untuk mengikuti pembelajaran menggunakan Canva. Karena Canva juga tersedia di handphone sehingga mereka yang tidak punya perangkat komputer tetap dapat belajar di rumah.
Anak-anak terlebih dahulu disuruh membuat alur cerita komik dengan tema Tatanen Di Bale Atikan. Kemudian mereka mengaplikasikan hasil rancangan alur ceritanya ke dalam template komik dalam aplikasi Canva.
Semoga dengan adanya upaya ini, anak-anak menjadi lebih mencintai lagi kegiatan menulis, membaca, dan kegiatan literasi lainnya. Sehingga kecintaannya terhadap teknologi dapat bersinergi dengan kecintaannya dengan literasi.